Advertorial Pemko Pekanbaru
Lakukan Pemerataan Pembangunan dengan Pengembangan Kawasan Tenayan Raya
Senin, 05-06-2017 - 21:05:40 WIB
Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT saat meninjau pembangunan Komplek Perkantoran Pemko Pekanbaru, di Kecamatan Tenayan Raya.

TERKAIT:
 
  • Lakukan Pemerataan Pembangunan dengan Pengembangan Kawasan Tenayan Raya
  •  

    PEKANBARU - Selama ini ada kesan gerak pembangunan di Kota Pekanbaru, yang menyandang status sebagai ibukota Provinsi Riau, hanya terkonsentrasi pada sejumlah titik saja. Bersamaan dengan itu, sejumlah titik lain di kota ini terkesan agak terabaikan dalam berbagai bidang pembangunan.

    Di zaman kepemimpinan duet walikota Dr H Firdaus ST MT dan Wakil Walikota H Ayat Cahyadi SSi, langkah pemerataan pembangunan ke hampir semua kawasan kota secara perlahan mulai dilakukan. Termasuk di antaranya Tenayan Raya, sebuah kecamatan di Pekanbaru yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Pelalawan.

    Dengan pertimbangan matang dan melalui berbagai kajian, Tenayan Raya kemudian dijadikan sebagai pusat perkantoran Pemerintah Kota Pekanbaru. Keberadaan komplek perkantoran tersebut dipastikan akan mengundang pembangunan lainnya di sepanjang jalur menuju pusat pemerintahan, karena nantinya akan banyak dikunjungi orang.

    Pembangunan pusat pemerintahan tersebut juga sudah melalui proses dan mekanisme yang tersusun rapi dan aspiratif. Menurut Walikota Pekanbaru Firdaus, komplek perkantoran terpadu tersebut dibangun di atas lahan seluas 1.000 hektare.

    Sesuai konsepnya, komplek perkantoran tersebut akan menyatu dengan Kawasan Industri Tenayan dengan lahan seluas 3.000 hektare. “Jadi, lahan perkantoran dan kawasan industri akan memiliki lahan seluas 4.000 hektare,” katanya.

    Selain itu, Pemko Pekanbaru juga sudah memberikan sinyal untuk menarik investor menanamkan modalnya untuk pembangunan kawasan bisnis berupa apartemen, mall, dan waterpark. Tidak tangung-tanggung, pembangunan proyek tersebut akan dilakukan di atas lahan seluas 200 hektare.

    Walikota Firdaus menyambut baik rencana investor yang akan menanamkan modalnya di kawasan Tenayan Raya. Bahkan, dalam waktu dekat dirinya akan bertemu dengan investor guna mendengarkan ekspos rencana pembangunan tersebut.

    Nilai investasi calon investor yang akan membangun apartemen, mal, dan waterpark di Kecamatan Tenayan Taya mencapai Rp 500-an miliar. Kecamatan Tenayan Raya menjadi salah satu wilayah paling dilirik calon investor nasional. Sebab kawasan tersebut masih banyak lahan yang kosong yang belum dilakukan pembangunan.

    Pembangunan di kawasan Tenayan Raya diharapkan dapat memeratakan pembangunan. "Jika ada calon investor yang serius berinvestasi di Pekanbaru, tentu kita harus berikan pelayanan yang terbaik, seperti memudahkan pengurusan perizinan dan lain sebagainya," ujar Firdaus.

    Dalam Tahun Anggaran (TA) 2017, Pemko Pekanbaru akan merampungkan pembangunan  dua unit gedung perkantoran Pemko Pekanbaru di Kecamatan Tenayan Raya. Demikian disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, Zulkifli Harun, beberapa waktu lalu.

    Dijelaskan, pelaksanaan proyek multiyears Pemko Pekanbaru untuk tahun 2017 telah dianggarkan di APBD murni sebesar Rp120 miliar. Anggaran tersebut dialokasikan untuk merampungkan pembangunan gedung utama atau gedung Sekretariat dengan anggaran sebesar Rp94 M dan pembangunan satu unit gedung kantor SKPD, yakni gedung B3 dengan anggaran sebesar Rp26 miliar.

    Dikatakan, pekerjaan pembangunan lanjutan gedung utama, sudah termasuk pengadaan mobiler, kecuali pemasukan aliran listrik. Untuk pelaksanaan pekerjaan tetap dikerjakan oleh PT. Waskita Karya. Sementara untuk pelaksanaan pekerjaan fisik gedung kantor SKPD atau gedung B3, akan dilakukan lelang.



    Belum lama ini, Walikota Pekanbaru Firdaus memberi sinyal akan segera fungsikan Kantor Walikota Pekanbaru di Tenayan Raya. Ditargetkan pada 2018 sebagian Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sudah menghuninya.

    Hal itu disampaikan Walikota Pekanbaru, Firdaus MT usai peresmian outlet bayar PBB di Kantor Badan Pendapatan Daerah (Bapenda). "Insya Allah, akhir tahun ini selesai. Kita terus gesa," ujarnya.

    Firdaus menjelaskan, yang berada di kantor baru tersebut antara lain sekretariat, ruang walikota, dan wakil walikota. “Jadi semua pelayanan ada di kota. Seperti Dinas Pendapatan dan Perizinan,” katanya. Hanya saja Firdaus MT tidak bisa pastikan bulan berapa Kantor Walikota Pekanbaru Tenayan Raya bakal dihuni. "Insya Allah pindah. Sekarang masih progres," ujarnya.

    Tak cukup sampai di sana, Kecamatan Tenayan Raya ternyata mempunyai wilayah terluas dari 12 Kecamatan yang ada di kota Pekanbaru. Cukup strategis dan menjanjikan dalam pengembangan berbagai bisnis, terutama usaha bidang pertanian.

    Camat Tenayan Raya melalui Sekretaris Kecamatan Tenayan Raya Tirta Kusuma menjelaskan, kondisi strategis tersebut, Pemko Pekanbaru melalui Pemerintah Kecamatan Tenayan Raya mendorong masyarakat ataupun kelompok masyarakat, khususnya yang memiliki lahan kosong untuk membuka Taman Agrowisata. Sesungguhnya, cukup luas lahan yang bisa dijadikan lokasi agrowisata. Namun untuk saat ini baru terlaksana di Kelurahan Sialang Kampai.

    Menurut Sekcam lagi, Taman Agrowisata ini tidak saja bisa dijadikan sebagai tempat bercocok tanam, namun sekaligus untuk edukasi. Siapa yang berkunjung ke agrowisata ini bisa sekaligus belajar cara bercocok tanam, mengolah tanah dan cara memelihara tumbuhan. Dan tidak kalah penting bisa membantu perekonomian masyarakat, terang Tirta.

    Dikatakan Tirta, Taman Agrowisata yang berlokasi di RT.01/RW.02 Kelurahan Sialang Kampai ini dengan luas lebih kurang 10 hektare yang dikelola oleh perseorangan dan kelompok masyarakat. Adapun jenis tanaman yang dibudidayakan antara lain, jambu madu, lengkeng, jagung, gambas, ketimun, melon, dan lainnya.

    Dikatakan Tirta lagi, dulunya Kecamatan Tenayan Raya dikenal hanya dengan hasil pertanian dari jenis ubi saja. Jadi dengan adanya kawasan Agrowisata ini, akan mampu memproduksi berbagai jenis produk pertanian. Untuk tercapainya tujuan tersebut pihaknya mendorong para pengelola Taman Agrowisata untuk membudidayakan berbagai jenis tanaman, ujarnya.

    Lagi kata Tirta, ke depan pihaknya beserta Kelurahan akan mendorong masyarakat untuk memanfaatkan lahan kosong untuk dijadikan lokasi Agrowisata. Selain itu meminta Instansi terkait, seperti Dinas Pertanian, Disperindag, dan Dinas Pariwisata agar mendukung program ini, terangnya.

    Di tempat terpisah, Kabid Tanaman Pangan dan Holtikuktura Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Pekanbaru, M Nasir mengatakan, untuk Kawasan Agrowisata yang ada di Pekanbaru, seperi di Kecamatan Rumbai dan Kecamatan Tenayan Raya, pihaknya sangat mendukung. Dan telah memberikan beberapa bantuan.

    ''Misalnya, untuk Taman Agrowisata Tenayan Raya telah diberikan bantuan sumur bor dengan dana APBD dan bibit tanaman. Sementara bantuan melalui APBD Pekanbaru, tetap kita ajukan. tetapi mengingat kondisi keuangan yang saat ini yang merosot, sehingga belum bisa diakukan,'' tutupnya. (pku1)



     
    Berita Lainnya :
  • Lakukan Pemerataan Pembangunan dengan Pengembangan Kawasan Tenayan Raya
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Siaran TV Digital Masih Menunggu Ekosistem
    2 Ini Data 104 Perusahaan yang Diduga Lakukan Alih Fungsi Lahan Versi Komisi A DPRD Riau
    3 Dinilai Sukses Membangun Pekanbaru
    Firdaus-Ayat di Mata Para Tokoh Riau
    4 Advertorial Pemko Pekanbaru
    2019, Pemko Targetkan Pekanbaru Terbebas dari Kawasan Kumuh
    5 Ini Harga iPhone 7 dan iPhone 7 Plus dari iBox!
    6 Dewan Pengupahan Sepakati UMK Inhil 2017 Rp2.342.160
    7 Para Pasangan Calon di Pilwako Pekanbaru dan Pilkada Kampar Jalani Tes Kesehatan
    8 Advertorial Pemko Pekanbaru
    Lakukan Pemerataan Pembangunan dengan Pengembangan Kawasan Tenayan Raya
    9 Ada yang Menarik di Mesjid An-Nizham Pantai Raja Kampar, Ini Dia!
    10 Advertorial Pemko Pekanbaru
    Tolak Transportasi Online, Cara Dishub Pekanbaru Memelihara Angkutan Konvensional
     
     
    Rabu, 13-November-2019 | Jam Digital
    PEDOMAN MEDIA SIBER
    © 2015-2017 PEKANBARUSATU.COM, All Rights Reserved
    lace frontal wigscurly hair weave