Pemerintah Kota Pekanbaru
Mendagri Pimpin Puncak Peringatan HUT ke-100 Damkar di Pekanbaru
Rabu, 06-03-2019 - 15:22:41 WIB
Mendagri Tjahjo Kumolo bertindak sebagai Pembina Upacara HUT Damkar ke-100, Satpol PP ke-69, dan Satlinmas ke-57 di Pekanbaru.

TERKAIT:
 
  • Mendagri Pimpin Puncak Peringatan HUT ke-100 Damkar di Pekanbaru
  •  

    PEKANBARU – Menteri Dalam Negeri (Tjahjo Kumolo bertindak sebagai pembina upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) kePemadam Kebakaran (HUT Damkar) ke-100, Satpol PP ke-69, dan Satlinmas ke-57 Tingkat Nasional Tahun 2019 di Stadion Kaharudin Nasution Rumbai, Rabu (6/3/2019) pagi.

    Bertempat di Stadion Kaharuddin Nasution, puncak peringatan diawali dengan upacara peringatan serentak HUT Damkar, Satpol PP dan Satlinmas. Bertindak sebagai pembina upacara adalah Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo.

    Hadir dalam acara itu, Gubernur Riau Syamsuar, Wakil Gubernur Riau Edy Nasution, Walikota (Wako) Pekanbaru Firdaus dan Wakil Walikota Ayat Cahyadi. Hadir juga perwakilan kepala daerah, Kepala Damkar dan Satpol PP se-Indonesia, Forkopimda Riau dan Kota Pekanbaru, serta Sekretaris Daerah Kota (Sekdako), M Noer.

    Usai pelaksanaan upacara, Mendagri menyampaikan terima kasihnya kepada masyarakat Kota Pekanbaru yang telah menjadi tuan rumah yang baik dalam pelaksanaan HUT Damkar, Satpol PP, dan Satlinmas secara nasional tahun ini. ”Terima kasih kepada Kota Pekanbaru yang telah menjadi tuan rumah pelaksanaan peringatan HUT tahun ini,” ujar Mendagri usah pelaksanaan upacara.

    Disampaikannya, jika personel Damkar, Satpol PP dan Linmas harus mampu terjun memberikan pelayanan yang cepat di tengah-tengah masyarakat. “Kami ingin terus mengoptimalkan Damkar, Satpol PP, dan Satlinmas untuk sepenuhnya melayani masyarakat,” kata dia.

    Termasuk dalam pelaksaan Pemilu tahun 2019. Damkar, Satpol PP serta Satlinmas merupakan instansi di bawah kendali Kemendagri yang harus ikut andil menyukseskan pesta demokrasi itu dengan menjalin koordinasi bersama institusi lainnya, terutama dengan pihak kepolisian.

    ”Salah satunya dalam menjaga TPS (Tempat Pemungutan Suara, red) dan kantor KPU (Komisi Pemilihan Umum, red),” lanjut Tjahjo.

    Di masa depan, Tjahjo memaparkan, fungsi melayani masyarakat yang dia maksud tidak semata-mata pada aspek perizinan saja tapi juga aspek regulasi termasuk fungsi-fungsi yang dibutuhkan termasuk Damkar, Satpol PP dan Linmas. ”Meski begitu, Damkar tetap di bawah pemerintah daerah,” tegasnya.

    Upacara peringatan HUT ketiga institusi itu, disemarakkan dengan berbagai atraksi. Seperti, atraksi bela diri, yong modo, jiujitsu, kempo dan tinju yang ditampilkan personel Satpol PP Pekanbaru.

    Tak hanya itu, atraksi yang paling memukau yang ditampilkan personel Satpol PP yakni memecahkan material seperti genteng, batako hingga membengkokkan kawat besi dengan leher dan mematahkan kawat baja menggunakan jari kelingking.

    Dipertontonkan pula paduan suara, keterampilan marching band Satpol PP dan senam nozzle Damkar. Sembari pertunjukan keterampilan disajikan, seorang personel Satpol PP unjuk gigi dengan mengendarai paralayang dan berputar-putar di atas stadion membawa bendera Satpol PP berukuran besar di bawahnya.

    Rangkaian HUT 
    Rangkaian peringatan HUT secara nasional Damkar ke-100, Satpol PP ke-69 dan Satlinmas ke-57 yang berpusat di Kota Pekanbaru ini sudah berlangsung sejak Minggu (3/3) lalu. Ditandai jalan sehat merakyat diikuti ribuan warga Kota Pekanbaru dan dihadiri langsung oleh Menteri Kordinator Kemaritiman (Menko Maritim) Jenderal TNI (HOR) (Purn) Luhut Binsar Panjaitan.

    Sementara pada Senin (4/3/2019), di rumah dinasnya, Wako Pekanbaru Firdaus menjamu Menko Maritim dan Mendagri yang diwakili Direktur Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Elvius Dailami dengan jamuan sarapan pagi. Ini kemudian dilanjutkan dengan pawai defile dan pembukaan skill Competition di Stadion Kaharuddin Nasution yang diikuti oleh tim Damkar dari berbagai daerah di Indonesia.

    Di stadion ini pula, peringatan HUT serentak dimanfaatkan Pemko Pekanbaru untuk meningkatkan pelayanan perekaman e-KTP bagi masyarakat. Perekaman dilakukan langsung di Stadion Kaharuddin Nasution hingga Rabu kemarin.

    Pada Selasa (5/3/2019) kemarin juga digelar Rapat Kordinasi Nasional (Rakornas) Damkar, Satpol PP dan Satlinmas di SKA Co Ex yang dihadiri oleh 1.200 orang pimpinan satuan, kepala daerah dan Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo.

    Di sini Wako Pekanbaru Firdaus menunjukkan hasil inovasi dalam bidang penyelamatan di Kota Pekanbaru dengan meluncurkan layanan Smart Rescue 112. Dengan slogan Pekanbaru Smart City Madani, peluncuran layanan Smart Rescue 112 adalah bukti penerapan slogan tersebut.

    ”Kita, Kota Pekanbaru secara resmi meluncurkan Smart Rescue 112 di Kota Pekanbaru,” kata Wako Pekanbaru.

    Layanan ini kata telah berjalan dan tinggal disosialisasikan saja. Di sini, seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terkait dengan penyelamatan dalam situasi darurat selalu siaga.

    “Alhamdulillah sudah berjalan tinggal menyosialisasikan pada masyarakat. Smart Rescue 112 ini terpadu lintas OPD. Memberikan pelayanan darurat. Kontak saja 112, Insyaallah akan langsung terhubung dengan satuan tanggap darurat siap membantu,” imbuhnya yang didampingi Wakil Walikota Ayat Cahyadi.

    Firdaus bersyukur iven sebesar peringatan HUT serentak dengan skala nasional ini bisa digelar di Kota Pekanbaru. Iven ini disebutnya adalah ajang memperkenalkan keunggulan Pekanbaru pada Indonesia.

    “Kita sebagai kota industri pariwisata MICE, ini mempromosikan Pekanbaru pada saudara-saudara kita 38 provinsi dan lebih dari 100 kabupaten kota. Kita harapkan kerjasama antara kita dan daerah lain dapat terjalin dengan baik,” harap Wako Pekanbaru dua periode ini.

    “Hari ini kita menyatukan satu persepsi dan energi dalam memberikan perlindungan pada masyarakat. Dengan persatuan kepala daerah kerja sama dan ekonomi se-Indonesia semakin baik,” pungkasnya. (adv)



     
    Berita Lainnya :
  • Mendagri Pimpin Puncak Peringatan HUT ke-100 Damkar di Pekanbaru
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Siaran TV Digital Masih Menunggu Ekosistem
    2 Ini Data 104 Perusahaan yang Diduga Lakukan Alih Fungsi Lahan Versi Komisi A DPRD Riau
    3 Dinilai Sukses Membangun Pekanbaru
    Firdaus-Ayat di Mata Para Tokoh Riau
    4 Advertorial Pemko Pekanbaru
    2019, Pemko Targetkan Pekanbaru Terbebas dari Kawasan Kumuh
    5 Ini Harga iPhone 7 dan iPhone 7 Plus dari iBox!
    6 Dewan Pengupahan Sepakati UMK Inhil 2017 Rp2.342.160
    7 Para Pasangan Calon di Pilwako Pekanbaru dan Pilkada Kampar Jalani Tes Kesehatan
    8 Advertorial Pemko Pekanbaru
    Lakukan Pemerataan Pembangunan dengan Pengembangan Kawasan Tenayan Raya
    9 Ada yang Menarik di Mesjid An-Nizham Pantai Raja Kampar, Ini Dia!
    10 Advertorial Pemko Pekanbaru
    Tolak Transportasi Online, Cara Dishub Pekanbaru Memelihara Angkutan Konvensional
     
     
    Rabu, 13-November-2019 | Jam Digital
    PEDOMAN MEDIA SIBER
    © 2015-2017 PEKANBARUSATU.COM, All Rights Reserved
    lace frontal wigscurly hair weave