Ini Cara Mengemudi Mobil Matic yang Aman dan Benar
Jumat, 01-11-2019 - 13:52:54 WIB
(f: detikoto)

TERKAIT:
 
  • Ini Cara Mengemudi Mobil Matic yang Aman dan Benar
  •  

    JAKARTA-Zaman sekarang masyarakat lebih memilih mobil matic agar tidak capai karena jalanan macet. Lalu bagaimana cara mengemudi mobil matic yang aman dan benar?

    Sejumlah orang masih ragu untuk menggunakan mobil matic. Karena masih banyak orang yang kurang paham cara kerja transmisi mobil tersebut. Padahal di zaman sekarang mobil matic sudah sangat banyak digemari banyak orang. Hal ini karena mudah dan nyaman saat dikendarai.

    Apa perbedaannya dengan mobil manual? Cara mengemudi mobil manual berbeda dengan matic. Ketika mengendarai mobil manual kaki kita semua bekerja. Berbeda dengan mobil matic yang hanya menggunakan kaki kanan saja dan kaki kiri kita bisa lebih beristirahat. Mengemudi manual membutuhkan keahlian khusus dan terlatih.

    Namu, sebagaimana dilansir detikoto, masih banyak hal yang terjadi di lapangan. Masuh banyak pemula yang yang belum paham menggunakan mobil matic dengan aman dan benar. Contohya masih banyak orang yang menggunakan dua kaki pada mobil matic. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada transmisi mobil.

    Bagaimana cara mengendarai mobil matic dengan aman dan mudah? Berikut cara yang perlu kita ketahui sebelum mengendarai mobil matic:

    1. Fokus

    Hal ini bukan hanya saat mengemudikan mobil matic saja, tetapi ketika kita sedang mengendarai kendaraan apapun kita harus selalu fokus. Karena ketika sedang berkendara di jalan bukan hanya kita yang ada di jalan melainkan banyak orang juga di jalan. Jadi, tetaplah fokus saat berkendara dan saat kamu sedang belajar mengendarai mobil. Selalu perhatikan sekitar dengan melihat spion.

    2. Pahami Posisi dan Urutan Tuas Transmisi

    Hal ini bagian paling penting yang harus kita pahami bagi pemula saat menggunakan mobil matic adalah urutan dan tuas transmisi. Biasanya tuas pada mobil matic terdapat barisan kombinasi huruf dan angka, yaitu P-R-N-D-2-L atau P-R-N-D-M (+/-). Bagaimana cara penggunaannya:

    · Saat berkendara di dalam kota kita biasanya melaju dengan kecepatan normal, dengan jalur yang tidak macet, sebaiknya kita menggunakan D.

    · Pada saat jalanan macet atau sedang berhenti di lampu lalu lintas selama kurang 20 detik, sebaiknya tuas transmisi dipindahkan ke posisi netral yaitu N.

    · Nah, ketika kita ingin memindahkan tuas transmisi ke posisi D sebaiknya terlebih dahulu kita menginjak pedal rem, tujuannya agar mobil tidak melaju dengan sendirinya.

    · Apabila sedang berada di daerah tanjakan, sebaiknya tuas transmisi berada di L atau 2 tujuannya agar tarikan mobil lebih enteng.

    · Mobil matic biasanya terdapat tombol kecil bertuliskan hold. Saat ditekan maka pada layar speedometer akan muncul tulisan kuning O/D. Fitur hold fungsinya sebagai penguncian posisi gigi. Tombol dapat dioperasikan ketika posisi tuas berada di D. Fitur ini mengunci di gigi 2 dan 3. Fitur ini juga bisa menghemat bahan bakar mobil.

    3. Kenali Fitur Mobil

    Kita tidak boleh hanya tahu dalam perpindahan tuas transmisi. Kita juga harus mengenal banyak tentang fitur mobil yang ingin kita gunakan. Kita harus tahu letak lampu sign, karena kalau kita tidak tahu letak lampu sign. Hal ini bisa membahayakan orang lain ketika mengendarai mobil di jalan raya.

    4. Jangan Panik

    Kesalahan yang sering dilakukan yaitu pada saat mengendarai kendaraan mobil matic ialah panik. Ketika bertemu kendaraan lain jangan merasa khawatir saat membawa mobil.

    Hal yang sering terjadi kesalahan adalah saat memindahkan transmisi dan pada saat menginjak pedal gas dan rem. Banyak sekali terjadi kecelakaan kasus mobil matic karena salah saat menginjak pedal rem dan mesin.

    Penjelasan di atas adalah bagaimana cara mengemudi mobil matic dengan aman dan benar. Yang paling terpenting saat mengendarai kendaraan adalah hati-hati selalu perhatikan orang di sekitar dan pengendara lain.

    Teruslah belajar dengan benar agar saat mengendarai mobil di jalan sudah lancar dan aman jika ingin berpergian. (dri)



     
    Berita Lainnya :
  • Ini Cara Mengemudi Mobil Matic yang Aman dan Benar
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Siaran TV Digital Masih Menunggu Ekosistem
    2 Ini Data 104 Perusahaan yang Diduga Lakukan Alih Fungsi Lahan Versi Komisi A DPRD Riau
    3 Dinilai Sukses Membangun Pekanbaru
    Firdaus-Ayat di Mata Para Tokoh Riau
    4 Advertorial Pemko Pekanbaru
    2019, Pemko Targetkan Pekanbaru Terbebas dari Kawasan Kumuh
    5 Ini Harga iPhone 7 dan iPhone 7 Plus dari iBox!
    6 Dewan Pengupahan Sepakati UMK Inhil 2017 Rp2.342.160
    7 Para Pasangan Calon di Pilwako Pekanbaru dan Pilkada Kampar Jalani Tes Kesehatan
    8 Advertorial Pemko Pekanbaru
    Lakukan Pemerataan Pembangunan dengan Pengembangan Kawasan Tenayan Raya
    9 Ada yang Menarik di Mesjid An-Nizham Pantai Raja Kampar, Ini Dia!
    10 Advertorial Pemko Pekanbaru
    Tolak Transportasi Online, Cara Dishub Pekanbaru Memelihara Angkutan Konvensional
     
     
    Rabu, 13-November-2019 | Jam Digital
    PEDOMAN MEDIA SIBER
    © 2015-2017 PEKANBARUSATU.COM, All Rights Reserved
    lace frontal wigscurly hair weave