Dewan Pengupahan Sepakati UMK Inhil 2017 Rp2.342.160
Kamis, 03-11-2016 - 17:19:10 WIB
(f: int)

TERKAIT:
 
  • Dewan Pengupahan Sepakati UMK Inhil 2017 Rp2.342.160
  •  

    TEMBILAHAN-Dewan pengupahan kabupaten yang terdiri dari serikat pekerja Indonesia, asosiasi pengusaha Indonesia, pemerintah daerah telah menyepakati Upah Minimum Kabupaten (UMK) Rp2.342.160 untuk diterapkan pada tahun 2017 mendatang. Jumlah ini mengalami kenaikan dari pada upah minimum berjalan pada tahun 2016 ini.

    ''Mengacu pada nilai UMK Kabupaten Indragiri Hilir tahun 2016 senilai Rp2.163.658, terjadi kenaikan pada UMP tahun 2017 yaitu senilai Rp2.342.160. Dengan jumlah kenaikan berkisar Rp178.502,'' kata Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Drs Masdar MH didampingi Kasi penyelesaian masalah ketenagakerjaan dan hubungan industrial Bazarudin SE kepada riaupotenza.com, Rabu (2/11).

    Dijelaskannya, penentuan nilai upah minimum pada 2 tahun terakhir ini diterapkan dengan kondusif tanpa ada ketegangan antara pihak pekerja dan perusahaan yang memberikan kerja. Hal itu terjadi karena penentuan upah sudah ditetapkan rumusan oleh pemerintah pusat.

    ''Tidak seperti beberapa tahun kebelakang penetapan upah minimum ini sampai bersitegang antara serikat pekerja dengan pengusaha, di mana serikat pekerja ingin upah setinggi-tingginya kemudian pengusaha tentu ingin upah rendah yang menguntungkan perusahaan,'' jelasnya.

    Rumusan penentuan upah minimum berdasarkan nilai inflasi yang terjadi secara nasional, kemudian ditambah dengan pertumbuhan ekonomi nasional.

    Berdasarkan pasal 63 PP No 78 tahun 2015, tentang pengupahan, bagi daerah yang upah minimumnya pada 2016 masih di bawah nilai kebutuhan hidup layak, wajib menyesuaikan upah minimum sama dengan KHL paling lambat pada tahun 2019.

    ''Kita berharap kepada tenaga kerja khususnya yang ada di Inhil dengan adanya kenaikan UMK walaupun memang tidak begitu signifikan kenaikannya, tetapi kita harapkan mampu membantu kesejahteraan para pekerja kita,'' jelas Masdar.

    Sesuai dengan kebutuhan hidup yang ada saat ini memang sewajarnya jika upah minimum bagi pekerja itu naik. Melihat dari kebutuhan hidup layak dan untuk menunjang kesejahteraan para pekerja. Setelah ditetapkan dengan pengupahan pada rapat 28 Oktober yang lalu, upah minimum kabupaten Inhil ini akan disampaikan ke provinsi.

    ''Secara serentak nanti akan dimumkan provinsi mengenai upah minimum yang ada diseluruh kabupaten/kota di Riau pada 21 November,'' ungkapnya.

    Setelah ditetapkannya upah minimum kabupaten ini maka setiap perusahaan dan dunia usaha wajib untuk menerapkannya.

    Terkait, jika ada perusahaan yang tidak mengikuti aturan ini maka akan diberikan sangsi pidana sesuai dengan ketentuan. ''Setelah ditetapkan, ya harus diterapkan jika tidak akan ada sangasi,'' pungkasnya. (dri)




     
    Berita Lainnya :
  • Dewan Pengupahan Sepakati UMK Inhil 2017 Rp2.342.160
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Siaran TV Digital Masih Menunggu Ekosistem
    2 Ini Data 104 Perusahaan yang Diduga Lakukan Alih Fungsi Lahan Versi Komisi A DPRD Riau
    3 Dinilai Sukses Membangun Pekanbaru
    Firdaus-Ayat di Mata Para Tokoh Riau
    4 Advertorial Pemko Pekanbaru
    2019, Pemko Targetkan Pekanbaru Terbebas dari Kawasan Kumuh
    5 Ini Harga iPhone 7 dan iPhone 7 Plus dari iBox!
    6 Dewan Pengupahan Sepakati UMK Inhil 2017 Rp2.342.160
    7 Para Pasangan Calon di Pilwako Pekanbaru dan Pilkada Kampar Jalani Tes Kesehatan
    8 Advertorial Pemko Pekanbaru
    Lakukan Pemerataan Pembangunan dengan Pengembangan Kawasan Tenayan Raya
    9 Ada yang Menarik di Mesjid An-Nizham Pantai Raja Kampar, Ini Dia!
    10 Advertorial Pemko Pekanbaru
    Tolak Transportasi Online, Cara Dishub Pekanbaru Memelihara Angkutan Konvensional
     
     
    Rabu, 13-November-2019 | Jam Digital
    PEDOMAN MEDIA SIBER
    © 2015-2017 PEKANBARUSATU.COM, All Rights Reserved
    lace frontal wigscurly hair weave